Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Tips Tidur yang Baik Bagi Kesehatan.


Berikut adalah beberapa saran untuk tidur malam yang baik:
  1. Buatlah jam tidur yang teratur — Cobalah kalian untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama disetiap harinya.
  2. Buatlah diri anda merasa nyaman sebelum tidur — Berhentilah melakukan aktivitas fisik maupun mental sekitar setengah jam atau bersihkan diri (cuci muka, kaki, tangan) sebelum anda pergi tidur.
  3. Ciptakan suasana kamar yang sesuai dengan selera anda yang memberikan anda rasa nyaman untuk tidur.
  4. Buatlah kamar tidur hanya untuk tidur, jangan kalian memultifungsikan kamar anda (ruang kerja, ruang santai, ruang tamu, dll).
  5. Berikan Penerangan yang cukup redup pada kamar Anda, karena cahaya lampu yang terlalu terang akan membuat kita sulit tidur.
  6. Jangan merasa khawatir saat berada di tempat tidur — Jika anda tidak bisa tidur karena memikirkan semua yang harus dilakukan pada pagi hari, bangunlah dan buat daftar, dan biarkan kertas itu yang menjadi tumpahan semua masalah pada malam hari. Jika anda memiliki masalah lain, selesaikanlah dan tidurlah.
  7. Hindari alkohol, kafein, dan rokok — Alkohol yang terlalu banyak mungkin akan membuat anda mengantuk, tetapi sesungguhnya akan mengganggu pola tidur dan mimpi normal. Kafein pada sore hari tidak direkomendasikan untuk orang yang sensitif dengan efek stimulannya, dan nikotin dapat merusak ritme hidup normal anda.
  8. Olahraga teratur — Olahraga secara teratur selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu akan meningkatkan kualitas tidur anda. Untuk menghindari terlalu siaga, jangan melakukan olahraga berat dalam waktu 3 jam sebelum tidur.
  9. Konsultasi dengan dokter — Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami, atau jika teman anda memperhatikan gejala-gejala sleep apnea, seperti: mengorok, sesak napas sampai terbangun, adanya henti napas saat tidur,  dan mengantuk yang berlebihan pada siang hari.
  10. Jangan meminum air terlalu banyak sebelum tidur, karena membuat anda bolak-balik kekamar kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About